Ahmad Dahlan God does not play dice with the Cosmos.

Desain Instruksional dalam Pembelajaran Bauran

51 sec read

Desain Instruksional adalah serangkaian proses perencanaan, analisa, desain, pengembangan, penerapan dan evaluasi instruksi dalam setting pendidikan atau pelatihan baik formal maupun informal yang terstruktur dan teratur namun fleksibel (Reigeluth & An, 2021).

Saat merancang sebuah pembelajaran, guru sering memulai dengan perspektif apa yang akan mereka ajarkan. Sebaliknya, seorang desainer instruksional memulai dengan sudut pandang sebuah pemecahan masalah, bukan hanya berpikir tentang apa yang mereka akan ajarkan, tetapi lebih menitikberatkan pada bagaimana nanti mereka mengajarkannya dengan cara yang efektif, efisien, dan memotivasi. Sebuah instruksi (proses membantu orang lain mempelajari sesuatu yang baru) dapat sesederhana menunjukkan prosedur singkat yang diikuti.

“Mengapa dan Bagimana” Desain Instruksional

Langkah awal desain instruksional adalah mengidentifikasi masalah kemudian fokus terhadap apa yang harus dilakukan untuk menyampaikan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Setelah itu, menentukan cara yang paling mudah bagi peserta didik untuk menguasai materi. Dengan instruksi yang dirancang dengan baik, pembelajaran akan lebih efektif, efisien dan memotivasi, menghemat waktu dan uang, meningkatkan kinerja dan meningkatkan kemampuan peserta didik. Dalam konteks pendidikan, desain instruksional membantu guru memenuhi, memotivasi, dan mempercepat kebutuhan peserta didik dengan lebih baik.

“kapan dan di mana” Desain Instruksional

Desain instruksional dapat diterapkan dalam situasi apa pun, baik formal maupun informal, di mana orang terlibat dalam pembelajaran yang memiliki tujuan tertentu. Beberapa contoh umum desain instruksional dalam konteks yang berbeda-beda adalah konteks pendidikan tinggi dimana desain instruksional yang dirancang bertujuan untuk membantu fakultas untuk meningkatkan pelatihan, membantu fakultas untuk bertransformasi dan beradaptasi dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran online.

Ahmad Dahlan God does not play dice with the Cosmos.

Rangkuman Materi Fisika

Fisika Dasar FISIKA DASAR  BESARAN DAN PENGUKURAN  VEKTOR  KINEMATIKA GERAK LURUS  KINEMATIKA GERAK MELINGKAR  HUKUM GERAK NEWTON  OPTIKA (I)  ALAT OPTIK  SUHU  KALOR  LISTRIK DINAMIS...
Ahmad Dahlan
25 sec read

RPS MK Eduprener Bisnis Digital

MK Eduperener Bisnis Digital A. Deskripsi Mata Kuliah Mata Kuliah Eduprener Bisnis Digital merupakan mata kuliah rumpun wirausaha dalam bidang pendidikan sebagai penciri Kampus...
Ahmad Dahlan
3 min read

Tinggalkan Balasan