Optik Geometri – Hukum Pemantulan Snelius Pada Cermin Datar

2 min read

Icon Laser dan cahaya

Ahmad Dahlan – Cahaya merupakan energi dalam bentuk gelombang yang secara sederhana berfungsi sebagai energi yang membuat sesorang dapat melihat sebuah benda. Tanpa keberadan cahaya seseorang tidak mungkin bisa melihat benda, dan kondisi tanpa cahaya ini akan didefenisikan otak manusia sebagai hitam. Oleh sebab itu dalam sains, Hitam bukanlah warna melainkan kondisi tanpa ada emisi energi sama sekali dari sebuah objek.

A. Model Berkas Cahaya

Cahaya dalam keadaaan alami akan merambat ke arah lurus. Hal ini bisa diamati pada lampu senter yang mengarah lurus ke dapan atau keras cahaya yang melewati sebuah lubang kecil akan membentuk garis lurus.

Hasil menjadi landasan logis mengenai model dari gerak sebuah cahaya dan selanjutnya model ini dikenal dengan model berkas cahaya. Meskipun terlihat lurus, namun sejatinya cahaya merupakan gelombang elektromagnetik yang sangat rapat maka sangat sulit untuk melihat lekukan pada berkas cahaya, sehingga Model Berkas Cahaya ini merupakan bentuk idealisasi dari berkas gelombang.

Model berkas cahaya ini kemudian dijadikan dasar dalam pengembangan konsep-konsep yang berkaitan dengan karakteristik cahaya sebagai gelombang dalam bidang kajian Optik Geomteri.

B. Pantulan dan Pembentukan Bayangan

Ketika seberkas cahaya datang menuju sebuah benda yang dapat terlihat, maka berkas cahaya tersebut akan diserap sebagain dan sebagian besarnya akan dipantulkan ke mata sehingga otak dapat medefenisikan benda tersebut. Kecuali pada kondisi tertentu seperti lubang hitam dimana benda tersebut hampis sama sekali tidak mengemisikan energi yang menerpanya.

Dalam pembahasan Optik Geomtrik kita akan membahasa kejadian umum semata yakni kondisi cahaya menerpa (1) benda yang menyerap sebagian energi dan memantulkan sebagain besar energi cayaha yang menerpa, (2) benda yang memantulkan secara keseluruhan cahaya yang disebut cermin, dan (3) beda yang meneruskan cahaya atau lensa.

Ketika seberkas cahaya yang datang dari sudut tertentu menerpa permukaan bidang datar maka kondisi ini disebut sebagai sinar datang dengan sudut datang θi. Sudut ini dihitung dari garis normal yang tegak lurus terhadap tepat bidang pantul sinar datang. Sinar ini kemudian dipantulkan dengan sudut pantul θr yang sama besar dengan dengan θi.

Sinar datang, sinar pantul dan garis normal ini berada pada bidang yang sama dan dikenal sebagai hukum pemantulan Snelius, kendati demikian bukan snelius yang pertama kali mengamati hal ini namun orang-orang Yunani kuno sudah memanfaatkan fenomena pemantulan ini.

Hukum pemantulan Snellius pada cermin datar

Hal yang serupa juga terjadi pada permukaan yang kasar. Berkas cahaya akan akan diantulkan pada garis normal tepat pada bidang tipis dimana caha dipantulkan, karena garis normal bidang yang tidak beraturan maka pemnatulan yang dihasilkan adalah pemantulan baur.

1. Pemantulan Pada Cermin Datar 

Pada saat anda berkaca di depan sebuah cermin datar yang relatif besar, maka pada jrak yang tepat, anda akan melihat seluruh tubuhmu secara keseluruhan, persis sama dari ujung rambut sampai ujung kaki, kecuali bagian yang ada di kiri kamu akan berada di sisi kanan pada cermin di depan kamu. Hal ini tidak menjadi malasah karena bergantung dari referensi kita memulai kiri dan kanan.

Bayangan dihasilkan oleh cermin datar bersifat maya, sama besar dan tegal lurus, karen abayanga tidak akan pernah bisa ditangkap meskipun kita meletakkan layar di belakang cermin.

Bayangan yang terlihat pada cermin datar bukan sebuah berkas cahaya semata, tapi kumpulan berkas cahaya dengan jumlah yang sangat banyak dan membentuk ssuatu bayangan, namun untuk memudahkan analisis dilakukan pemodelan berkas cahaya mulai dari satu ujung ke ujung lainnya. Seperti pada gambar di bawah ini.

Bekras cahaya pada cermin datar

Pada gambar di atas terlihat garis-garis yang membentuk bayang sebuah botol dari depan sebuah cermin pada mata seseirang.

Perhatikan secara seksama sinar pada titik A yang dipnatulkan pada titik B kemudian di teruskan ke mata. Relatif terhadap cermin, maka proses pembentukan bayangan tersebut akan membentuk sabuah budang dimana ABD akan kongruen dengan bidang DBC dimana AD = DC memiliki jarak yang sama besarnya.

Oleh karena jarak adatar do dan di pada cermian sama besarnya pual dengan demikian pemantulan bayangan pada cermin datar memiliki sifat sama besar.

42 Replies to “Optik Geometri – Hukum Pemantulan Snelius Pada Cermin Datar”

  1. Nama : Aldena Aenun Ramadhani Sakona
    NIM : 1912441003
    Dalam bidang fotografi, peristiwa pemantulan teratur ini dimanfaatkan untuk mendapatkan foto yang indah seperti panaroma gunung yang bayangannya terpantulkan oleh permukaan air
    Lalu untuk contoh pemantulan gelombamg bunyi dapat dilihat dari cara kerja EKG (elektrokardiogram). EKG mendeteksi kerja jantung melalui irama yang dihasilkan oleh jantung itu sendiri lalu digambarkan ke monitor dengan bentuk gelombang sesuai dengan irama jantung yang ditangkap.

  2. Nama: indriani armin
    Nim: 1912440002
    Kesulitan yang dialami oleh pengemudi saat berkendara di jalan aspal basah ketika malam. Berkendara malam di jalan aspal basah tentunya lebih sulit daripada berkendara di jalan aspal kering hal ini karena air akan masuk ke celah-celah jalan aspal dan menghaluskan permukaannya, sehingga apabila terkena sinar dari lampu kendaraan akan menyebabkan terjadinya permantulan teratur yang memberi kesan menyilaukan mata dan menyebabkan pengelihatan pengemudi menjadi terganggu.

  3. Nama kasmirayani
    Nim 1912440007
    Salah satu pemanfaatan pemantulan dapat kita lihat dari
    pemantulan bunyi.Dan dpt kita ambil suatu contoh pada Kelelawar Yang berkeliaran pada saat malam hari.
    Pemantulan bunyi ini dapat membantu kelelawar menghindari dinding penghalang pada saat terbang di malam hari. Selain itu, kelelawar dapat Juga mengetahui mangsa yang akan dimakannya.

  4. Fadilah Alfiani
    1912440005
    Pemanfaatan pemantulan dalam kehidupan sehari hari yakni, pemantulan baur sinar matahari terhadap bumi. Misalnya pada siang hari saat berada di dalam rumah, kita tetap bisa melihat benda yang ada di sekitar walau tidak terkena sinar matahari secara lansung

  5. Nama : Aliyah Fadhlilah Ahmad
    Nim : 1912441006
    Salah satu pemanfaatan pemantulan dalam kehidupan yaitu mendeteksi benda-benda di bawah laut. Benda-benda di dalam laut bisa di deteksi dengan mengirimkan gelombang ultrasonik menggunakan alat tertentu yang di tempatkan pada bagian kapal, maka dapat diketahui kedudukan kapal selam. Selain itu juga dapat mengetahui kedudukan gerombolan ikan di laut.

  6. Nama : Nurhaliza Baharuddin
    NIM : 1912441011
    Salah satu pemanfaatan pemantulan cahaya adalah penggunaan paku jalan yang dimanfaatkan pemerintah sebagai garis pembatas jalan raya agar lebih jelas terlihat. Karena memiliki warna seperti merah, kuning, hijau yang apabila terkena lampu kendaraan akan nampak jelas

  7. Nama: St. Nur Rahmah. S
    Nim : 1912442010
    Kita jga dapat melihat adanya pada pemantulan pada tembok, kayu, dan sebagainya yang disebabkan oleh adanya pemantulan cahaya karena berkas sinar datang dipantulkan jatuh pada permukaan yang tidak rata dari segala arah. (pemantulan baur/difus).

  8. Nama : Nismayanti
    NIM : 1912442009
    salah satu pemanfaatan pemantulan yaitu pada cermin datar dimana pada saat air yang tenang disinari dengan sinar matahari maka sinar-sinar dipantulkan dalam arah yang sama sehingga tampak berkilau, pemantulan ini dinamakan pemantulan teratur.

  9. Nama: Husnul khatimah
    Nim: 1912442001
    Manfaat pemantulan cermin cekung yaitu Untuk mengumpulkan energi matahari, sehingga sinar-sinar yang terkumpul pada titik fokus dapat berfungsi sebagai kompor atau sumber panas dengan intensitas yang sangat tinggi

  10. Nama : Nur Annisa putri iskandar
    Nim: 1912441005
    Salah satu pemanfaatan pemantulan itu sperti Melakukan survey geofisika

    Penerapannya dalam ilmu geofisika sangat bermanfaat dalam mendeteksi adanya manfaat sumber daya alam yang mengendap di dalam bumi. Resonansi bunyi dapat digunakan untuk mendeteksi dan menentukan lokasi struktur bumi dan dapat menemukan lapisan batuan yang mengandung endapan minyak.

  11. Nama : Nur Annisa Putri iskandar
    Nim:1912441005

    Salah satu pemanfaatan pemantulan dalam kehidupan sehari yaitu ketika bayangan berdiri di sepan cermin dan bayangan air jernih . Air yang jernih ketika mendapat cahaya akan kelihatan lebih dangkal dari yang sebenarnya.

  12. Nama : Nur Maghfirah Waris
    Nim : 1912440004

    Salah satu manfaat dari pemantulan bunyi juga digunakan dalam alat kedokteran.Contohnya pada pemeriksaan USG dengan memanfaatkan gelombang bunyi(ultrasonik). Tehnik ultrasonic ini dapat membantu mengamati janin dalam kandungan.Tehnik ultrasonic juga digunakan untuk memeriksa hati, (apakah ada indikasi kanker hati atau tidak) dan otak.

  13. Nama : Indah Arsyinta Ramadhani
    NIM : 1912441010

    Contoh pemanfaatan pemantulan salah satunya adalah periskop (alat pada kapal selam untuk melihat ke atas permukaan laut). Alat ini memanfaatkan pemantulan teratur, yaitu besar sudut datang = sudut pantul. Alat ini menggunakan dua prisma segitiga (di atas dan di bawah) yang sengaja diletakkan sedemikian rupa

  14. Nama : Fauziah Rahmah Thamrin
    NIM : 1912441009

    Manfaat lainnya yaitu gambar pada kamera, dengan adanya pemantulan cahaya maka kamera dapat menangkap hasil gambar sesuai dengan aslinya.

  15. Nama : baso syafrisal
    Nim : 1912442003

    Contoh pemanfaatan pemantulan cahaya baur adalah penggunaan jendela pada rumah… Memanfaatkan pantulan cahaya agar seisi rumah terang akibat pantulan cahaya matahari…

  16. Nama: Elim Allo Langi'
    Nim :1912440009

    Contoh lain dari pemantulan yang sering kita alami yaitu saat berada di dalam gedung besar,apabila kita berteriak maka bunyi pantul yang terdengar sebagian bersamaan dengan bunyi asli sehingga bunyi asli menjadi tidak jelas hal ini biasa disebut dengan gaung
    Dan contoh lain apabila kita berada dibawah lereng bukit atau gunung apabila kita mengeluarkan bunyi, maka bunyi tersebut melakukan pantulan dan terdengar setelah bunyi asli,peristiwa ini biasa disebut dengan gema yang terjadi apabila jarak antara dinding pemantul dengan sumber bunyi agak jauh.

  17. Nama : Mutmainna
    Nim : 1912441002
    Contoh lain dari pemanfaatan pemantulan yaitu Peristiwa pemantulan cahaya matahari yang mengenai permukaan bumi, di mana permukaan bumi memiliki permukaan yang kasar (tidak teratur). Pematulan baur inilah yang menyebabkan sinar matahari atau cahaya matahari bisa sampai ke dalam ruangan rumah-rumah, walaupun rumah tersebut berisi atap yang menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Sehingga meskipun ruangan di dalam rumah tidak terkena cahaya matahari secara langsung, tetapi kita masih bisa melihat isi ruangan tersebut secara jelas.

  18. Pada umumnya, setiap permukaan benda dapat memantulkan cahaya yang jatuh pada permukaan tersebut. Permukaan benda dapat berupa permukaan kasar atau halus. Seberkas cahaya yang jatuh pada benda dengan permukaan kasar akan dipantulkan dengan arah sinar pantul yang tak teratur

    Nama : Putri Ananda Karmila Risal
    Nim : 1912441008

  19. Miftahul khaerah Burhanuddin
    1912442007
    Contoh pemantulan baur dalam kehidupan sehari-hari srpsepe, ketika kita sedang membaca koran atau buku. Pada saat membaca koran, bayangan tulisan terbentuk pada retina mata kita. Sebaliknya, cahaya dari tubuh kita juga dipantulkan oleh koran, namun karena pemantulan baur maka kita tidak dapat melihat bayangan kita di koran

  20. Nama : St.Aisyah
    Nim : 1912442005

    Contoh pemanfaatan pemantulan dalam kehidupan sehari-hari dapat terjadi ketika seseorang berdiri dia air yang dalamnya sepinggang tampak mrmiliki kaki yang lebih pendek. Berkas yang meninggalkan telapak kaki pada orang tersebut di belokkan di permukaan. Mata (Dan otak) pengamat menganggap berkas cahaya menempuh lintasan yg lurus, Dan dengan demikian telapak kaki tampak lebih tinggi dari yang sebenarnya.

  21. Nama: Yunike Kurnia Unda'
    Nim : 1912441012

    Salah satu pemanfaat pemantulan dalam kehidupan sehari-hari yaitu pemantulan bunyi.
    Electrodiagram adalah alat kedokteran yang di gunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan kita. Jika kita pernah lihat, ada tempelan-tempelan berkabel yang di tempatkan di dada pasien dan kemudian ada monitor yang memperlihatkan garis-garis lancip naik turun. Itulah yang digunakan untuk mendeteksi kondisi detak jantung pasien.

  22. Nama: Chairini Ashari Sahar
    Nim: 1912442011

    Pemantulan cahaya yaitu proses terpancarnya kembali cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya.Peristiwa pemantulan cahaya juga dapat kita lihat ketika kita sedang berkaca di depan cermin. Di area cermin tentunya kita dapat melihat wajah atau tubuh kita sendiri, ini terjadi karena cahaya memiliki sifat dapat dipantulkan.

  23. Nama : Jumriana
    NIM : 1612441002

    Salah satu pemanfaatan pemantulan dalam kehidupan sehari-hari yaitu pemantulan cahaya. Ketika kita sedang berada di ruangan gelap yang tertutup, Kemudian lampunya dinyalakan, sinar akan dipantulkan oleh tembok secara tidak teratur, sinar menuju ke segala arah dan ruangan menjadi terang.

Tinggalkan Balasan