Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka MBKM Kemendikbud Ristek

1 min read

Templete MBKM Program Merdeka Belajar Pertukaran Mahasiswa Merdeka

AhmadDahlan – Program Pertukaran Mahasiswa Merderka melaluki Kurikulum MBKM telah diluncurkan oleh kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Perguruan Tinggi. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengelaman belajar di kampus lain di seluruh Indonesia.

Tujuan adalah menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap keberagaman budaya yang ada di tanah air dan mendorong pengembangan kompetensi di bidak akademik.

Mengapa mahasiswa harus Ikut porgram ini?

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, program ini bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada peserta untuk langsung ikut hidup dalam budaya yang berbeda di berbagai kamppus di nusantara. Mahasiswa diberikan kebebasan ikut kuliah di kampus pilihan di bawah naungan Kemendikbud Ristek di seluruh nusantara. Program akan dibiayai oleh negara dengan target 20.000 mahasiswa yang mengikuti porgram

Kemendikbud juga akan memberikan subsidi biaya selama mengikuti program ini meliputi :

  1. Subsidi UKT Maksimal Rp. 2.400.000
  2. Tiket Pesawat Kelas Ekonomi PP
  3. Uang saku Rp. 700.000 per bulan selama mengikuti kegiatan.

Selain itu mahasiswa juga dapat mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan Program Pertukuaran Mahasiswa Merdeka di kampus tujuan masing-masing. Setiap kegiatan akan direkognisi oleh Kampus asal di konversi sesuai dengan bobot SKS sebagai pengganti mata kuliah wajib dan pilihan.

Jika program yang diikuti bersifat pelatihan hard skill dan kompetensi maka program tersebut bisa di rekognisi sebagai SKPI. Jadi satu kegiatan senilai dengan banyak aktvitas akademik.

Siapa saja yang bisa mengikuti Program ini?

  1. Mahasiswa yang berada di bawah naungan kementerian Kebudayaan, Pendidikan, Riset dan Teknologi
  2. Berada di Prodi dengan Akreditasi Minimal B
  3. Mahasiswa Aktif semester V dan tidak pernah mendapatkan sanksi akademik
  4. Tidak sedang mengikuti program MBKM yang lain

Untuk kalian yang tertarik mengikuti kegiatan ini silahkan mendaftar pada situs resmi MBKM di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ paling lambat 5 Julu 2021. Untuk kelengkapan berkas dan persayaratan silahkan baca PPT di bawah ini.