Materi Fisika SMA – Besaran dan Satuan

1 min read

Materi Fisika SMA Besaran dan Satuan

AhmadDahlan.NET – Selamat datang di materi Fisika SMA. Pada materi kali ini kita akan membahas mengenai besaran, satuan dan dimensi

A. Besaran dan Satuan

Dalam fisika, besaran dapat diartikan sebagai objek atau sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dalam nilai dan satuan. Satuan adalah adalah unsur pembanding yang digunakan dalam proses pengukuran. Misalnya :

Panjang Meja adalah 5 Meter

Dalam kasus ini kita dapat 3 informasi fisis yakni

  1. Besaran : Panjang
  2. Nilai : 5
  3. Satuan : Meter

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin saja kita pernah beberapa satuan yang nilai tidak tetap, seperti jengkal, langkah dan sejenisnya. Ketika kita meminta seseorang mengukur panjang sebuah bangku dan tidak ada mistar, maka biasanya panjang meja akan diukur dengan jengkal.

Jengkal dalam kasus ini adalah besaran tidak baku karena setiap orang memiliki panjang jengkal yang berbeda-beda. Agar tidak terjadi pertentangan maka disepakati untuk membuat standar satuan yang disepakati oleh banyak orang dan disebut sebagai Satuan Internasional atau SI.

Kesepakatan tersebut terjadi pada kongres para fisikawan di Paris dan menghasilkan beberapa hasil seperti membagi dua jenis besaran yakni Besaran Pokok dan Besaran Turunan beserta masing-masing standar satuan masing-masing besaran.

1. Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang nilai dan satuan telah ditentukan lebih awal dalam bentuk kesepatakan. Besaran ini terdiri dari 7 jenis dan nilanya berdiri sendiri atau tidak diturunkan dari besaran lain kecuali Jumlah Partikel dan Kuat Arus yang diturunkna dari defenisi besaran lain.

NoBesaranSimbol BesaranSatuanSimbol Satuan
1PanjanglMeterm
2MassamKilogramKg
3WaktutSekons
4SuhuTKelvinK
5Jumlah ZatnMolmol
6Kuat ArusIAmpereA
7Intensitas CahayaIlCandelaCd

Catatan

Selain besaran pokok juga terdapat besaran tambahan yang memiliki nilai dna satuan namun hasil perhitunganya tidak mempengaruhi besaran lain. Besaran tambahan tersebut adalah :

NoBesaranSimbol BesaranSatuanSimbol Satuan
1Sudut BidangθRadianRad
2Sudut RuangφSteradianSr
Infografis Besaran Pokok dan Satuan

2. Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang didapatkan dari penurunan besaran pokok atau besaran turunan lainnya. Mudahnya hasil operasi perkalian dan pembagian yang melibatkan dua besaran akan selalu menghasilkan besaran turunan.

Misalkan Besaran Panjang dan Besaran Lebar yang dikalikan satu sama lain akan menghasilkan besaran turunan yang disebut sebagai Luas.

A = (p)(l)

p : panjang (m)
l : lebar (m)
A : luas (m2)

Berikut ini adalah beberapa daftar besaran turunan dan satuannya.

NoBesaranSimbol BesaranSatuanSimbol Satuan
1VolumeVKubikm3
2Massa Jenisρkg/m3
3Kecepatanvm/s
4Percepatanam/s2
5MomentumPkg m/s
6GayaFNewtonN
7Energi WJouleJ
8TekananPPascalPa

Selain dari 8 tersebut, masih terdapat banyak lagi besaran pokok yang meskipun memiliki satuan yang sama namun biasanya berasal dari konsep yang berbeda.

B. Dimensi

Dimensi adalah analisis faktor penyusun besaran berdasarkan standar dari besaran pokok. Analisis Dimensi didasari simbol dari masing-masinhg besaran pokok dalam satuan Internasional. Adapun masing-masing dimenis dari besaran pokok sebagai berikut :

NoBesaranDimensi
1Panjang[L]
2Massa[M]
3Waktu[T]
4Suhu[θ]
5Jumlah Zat[N]
6Kuat Arus[I]
7Intensitas Cahaya[J]

Penulisan dimensi selalu diletakkan dalam kurung sikut. Besaran tambahan tidak memiliki dimensi sedangkan penulisan dimensi besaran turunan dilakukan berdasarkan analisis dimensi besaran pokok.

Misalan besaran Gaya yang didapat dari persamaan :

F = ma

Dimensi dari m adalah [M] dan a adalah [LT-2]maka dimensinya adalah

[MLT^{-2}]

Karena dimensi [M] memiliki satuan kg, [L] dalam m, dan [T] dalam sekon, maka satuan gaya berdasarkan analisis ini adalah :

kg \ ms^{-2}

Rangkuman

  1. Besaran adalah aspek fisika yang memiliki nilai dan satuan
  2. Satuan adalah pembanding yang digunakan dalam mengukur
  3. Dimensi adalah analisis besaran berdasarkan standar besaran pokok

Contoh Soal Massa Jenis dan Pembahasan

Berikut ini contoh soal massa jenis untuk mata pelajaran IPA Terpadu Fisika SMP disertai dengan solusi dan pembahasannya
Ahmad Dahlan
45 sec read

Tinggalkan Balasan