Mengenal Apa Itu HMTL

2 min read

Mengenal HTML

Ahmaddahlan.NET – HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language merupakan bahasa yang digunakan untuk menyusun tampilan dari sebuah website.

A. Pengertian HTML

HTML dikembangkan dengan konsep Markup yang secara harfiah bisa digantikan sebagai penanda. Sehingga untuk memanggil fungsi yang dibutuhkan maka yang dipanggil adalah penanda yang sudah disepekati oleh pengembangan HTML, sebuh saja untuk warna maka untuk membuat tampilan berwarna merah maka kita akan menggunakan code Red.

Pada pengembangannya, warna merah tidak hanya merah dengan gradasi red 255, green 0 dan blue 0, ada banyak warna merah seperti warna Crimpson yang diwakili uni code #DC143C. Untuk itu dibuat unicode yang selalu diupdate sesuai dengan kebutuhan.

Markup atau penanda ini selanjutnya disebut secara sebagai Tag, sehingga kedepannya sata belajar HTML kebanyakan kita akan berbicara tentag.

HTML digunakan untuk menyusun tampilan dasar pada website namun terkadang tampilannya akan terlihat kaku, karena HTML hanya merupakan tag, Tag ini bisa diatur sedemikian rupa sehingga memberikan warna dan style pada HTML. Proses ini disebut sebagai CSS atau Cascading Style Sheet.

HTML akan menghasilkan tampilan sederhana yang jika dipadukan dengan CSS akan membuat website semakin styles. Agar webistes semakin indah, HTMLS bisadipadukan lagi dengan Javascript. Javascript ini akan memberikan efek-efek yang keren seperti animasi dan sejenisnya pada tampilan website anda.

1. Sejarah HTML

HTML dikembangkan oleh TIM Bernes-Lee pada tahun 1980 saat bekerja di CERN. CERN ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang Fisika Nuklir. Sejarah HTML muncul pada saat perusahaan membutuhkan software yang digunakna untuk memudahkan akses dokumen.

Tahun 1989, Tim kemudian memperkenalkan ide tentang penggunaan Hypertext berasis Internet untuk mengakses dokumen-dokumen yang dimaksud tanpa harus memabca satu-satunya. Software yang dikembangkan ia kembangkan disebut ENQUIRE yang merupakan cikal bakal dari HTML.

Dalam proses pengemabngan Tim meminta bantuan kepada Robert Cailliau yang merupakan system engginer di CERN, lalu keduanya mengadopsi proyek yang diikembangkan di CERN dan diperkenalkan sebagai HTML Tag pada tahun 1991.

Pada awalanya HTML tags yang diperkenalkan hanya berisi 18 tags dikembangkan berdasarkan Standard Generalized Markup Language. 18 Tag tersebut adalah

  1. <title>
  2. <nextid>
  3. <a>
  4. <isindex>
  5. <plaintext>
  6. <listing>
  7. <p>
  8. <h1>…<h6>,
  9. <address>
  10. <hp1>,
  11. <hp2>
  12. <dl>
  13. <dt>
  14. <dd>
  15. <ul>
  16. <li>
  17. <menu>
  18. <dir>

Karena dikembangkan berdasarkan SGML bisa dikatakan jika HTML adalah implemnetasi dari SGML.

2. Perkembangan HTML

Peran HTML yang sangat vital dalam pengembangan website dari sisi front-end membuat HTML sering kali dikembangkan. Uniknya setiap pengembangan tidak tumpang tindih dengan edisi terbaru jadi kita masih menggunakna tag html lama jika tetap ngotot ingin menunjukkan tampilan jadul dari website kita.

Adapaun veris-versi dari HTML tersebut adalah

  1. [Draft] HTML 1.0 (Juni 1993) adalah versi HTML pertama, namun tidak resmi dirilis;
  2. HTML 2.0 (24 November 1995) adalah versi HTML kedua yang resmi pertamakali beredar di pasaran dan dirilis oleh IETF;
  3. [Draft] HTML 3.0 (28 Maret 1995) versi ini gagal beredar, karena banyak perubahan yang memicu perdebatan;
  4. HTML 3.2 (14 Januari 1997) versi resmi yang dirilis W3C pertamakali.
  5. HTML 4.0 (24 April 1998) versi pengembangan dari yang seblumnya;
  6. HTML 4.01 (24 Desember 1999) versi perbaikan dari HTML 4.0;
  7. XHTML 1.0 (26 Januari 2000) pengembangan dari HTML 4.01 dengan mengadopsi XML;
  8. XHTML 2.0 (Augustus 2002—Juli 2006) versi kedua dari XHTML;
  9. HTML 5 (28 Oktober 2014) versi html saat ini.

B. Belajar HTML Dasar

HTML merupakan bahasa program paling kompleks dimana bahasa telah disusun lebih mudah dikenali dan disamakan dengan bahasa manusia. Hanya saja HTML berada pada posisi bahasa program paling atas atau paling sederhana.

Untuk belajar HTML kita tidak perlu menginstal aplikasi khusus karena HTML bisa diketikkan dimana saja seperti Microsoft Word atau bahkan Note Pad. Sedangan untuk membuka file HTML kita hanya membutuhkan aplikasi Browser.

Membuat File HTML pertama

Agar lebih mudah paham mari kita membuat dokumen pertama dengan nama My-Simple-Document.HTML.

Langkah yang harus dilakukan silahkan buka Notepad atau sejenisnya lalu ketikka code berikut !

<!DOCTYPE html>
<html lang="en">
    <head>
        <title>My Simpel Document</title>
    </head>
    <body>
        <p> <b>Hai Every one </b>, This is my first HTML Document</p>
        <p> There is Nothing Here!!!</p>
    </body>
</html>

Setelah itu silahkan save as tulisan tersebut dengan nama My-Simple-Document.HTML. Setelah itu kamu sudah memiliki file dengan nama di atas lalu silahkan buka dengan menggunakan Web Browser, maka anda akan menemukan tampilan sebagai berikut :

Hai Every one , This is my first HTML Document

There is Nothing Here!!!

Selain ekstesni .html, file tersebut juga bisa disimpan dengan dengan ekstensi .xhtml dan .htm. Jika tidak menggunakan ekstensi tersebut, misalnya .txt maka file yang terbuka hanya kaan menunjukkan apa yang telah ketikkan semata.