Ahmad Dahlan God does not play dice with the Cosmos.

Modul Pemanasan Global dan Efek Rumah Kaca untuk Fase E Fisika SMA Kelas X

1 min read

Foto Bumi Panas terbakar dan pemanasan Global Bumi

Pemanasan Global adalah fenomena naiknya suhu rata-rata permukaan bumi karena panas yang terperangkap oleh gas-gas rumah kaca di lapisan atmosfer bumi.

Modul Pemanasan Global

Dilengkapi dengan Praktikum

A. Identitas Modul

Mata Pelajaran : Fisika
Kelas : X – Fase E (Kurikulum Merdeka Belajar) atau Kelas XI (Kurikulum 2013)
Alokasi Waktu : 6 Jam Pembalajaran (3 Pertemuan)
Judul Modul : Pemanasan Global

B. Deskripsi Singkat

Modul Pemanasan Global dan Efek Rumah Kaca ini berisi panduan belajar bagi peserta didik untuk memahami masalah lingkungan yang tengah di hadapi umat manusia di abad 21. Masalah ini terkait dengan naiknya suhu rata-rata permukaan bumi akibat radiasi sinar matahari khususunya inframerah terperangkap di permukaan bumi.

Setelah mempelajari dalam modul ini diharapkan peserta didik dapat memahami pengertian pemanasan global, menganalisa penyebab, dampak yang ditimbulkan dan langkah penanggulangan yang dapat dilakukan manusia untuk menjaga kelangsungan hidup di muka Bumi. Selain itu, peserta didik diharapkan mampu mengemukakan langkah-langkah yang dapat dilakukan secara lokal untuk mencegah bertambah buruknya pemanasan global baik.

Modul ini diracangan dengan pendekatan pembelajaran flip learning berbasis Proyek dimana proses pembelajaran di bagi ke dalam dua kegiatan pembelajaran yakni (1) menyelesaikan membaca dan menganalisa materi pembelajaran di luar kelas dan (2) melaksanakan kegiatan praktikum serta projek di dalam kelas terkait dengan bahan bacaan yang terkait. Dengan demikian alokasi waktu pembelajaran yang digunakan pada modul ini adalah 6 x 45 menit di dalam kelas dan 6 x 45 menit belajar mandiri di luar kelas.

C. Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik diharapkan mampu untuk memahami fenomena pemanasa global
  2. Peserta didik diharapkan mampu menganalisa penyebab pemanasan global
  3. Peserta didik mengajukan ide atau gagasan mengenai pencegahan pemanasan global

D. Petunjuk Penggunaan Modul

  1. Bacala secara seksama dan pahamilah instruksi yang ada pada modul ini mulai dari Identitas, deskripsi modul dan tujuan pembelajaran.
  2. Modul dirancang dengan pembelajaran flip learning dimana peserta didik diharapkan menyelesaikan bahan bacaan materi di luar kelas / di rumah sebelum memasuki aktifitas pembelajaran di dalam kelas.
  3. Dalam hal anda memiliki pertanyaan yang ingin didiskusikan dengan teman dan guru boleh diajukan di kolom komentar pada bagian bawah materi, jika masalah tersebut tidak dapat diselesaikan melalui diskusi di kolom materi maka masalah akan di bahas di dalam kelas.
  4. Aktifitas pembelajaran di dalam kelas di rancang dalam bentuk praktikum dan proyek mini yang terdiri dari 3 pertemuan, setiap pertemuan memiliki praktikum dan proyek mini yang berbeda.
  5. Setelah melakukan aktifitas di dalam kelas maka selesaikan Tes Formatif yang ada pada bagian akhir materi.
  6. Sampaikan hal yang anda kurang pahami terkait aktifitas dan mintalah bimbingan dari guru mengenai materi yang sulut anda pahami.

E. Kegiatan Belajar

Pertemuan I

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Materi I : Pemanasan Global – Penyebab dan Dampaknya
Kegiatan I : Praktikum Pemodelan Pemanasan Global

Pertemuan II

Alokasi Waktu : 2 x 45 menit

Materi II : Upaya Penanggulangan Pemanasan Global
Kegiatan II : Praktikum Penanggulangan Pemanasan Global

Pertemuan III

Alokasi waktu III : 2 x 45 menit

Materi III : Protokol Kyoto dan IIPC
Kegiatan III : Pembuatan Poster Ajaka Mencegah Pemanasan Global

E. Asesmen


Pemanasan Global

Kerjakan Asesmen ini Setelah melaksanakan 3 aktifitas pembelajaran


Ahmad Dahlan God does not play dice with the Cosmos.

RPS Sistem Optik dan Teleskop untuk Prodi Ilmu Falak

A. Deskripsi Mata Kuliah Sistem Optik dan Teleskop adalah mata kuliah yang mengkaji tentang prinsip, konsep dan hukum fisika yang berlaku pada sistem Optik...
Ahmad Dahlan
42 sec read

Tinggalkan Balasan