Contoh Laporan Kreatif Aktualisasi Latsar CPNS Model Majalah

1 min read

Contoh Laporan Aktualisasi CPNS

AhmadDahlan.NET – Hai sobat, buat kalian yang sedang membaca tulisan ini yang mungkin secara tidak sengaja masuk ke website saya karena ketemu di hasil pencarian di Google, saya ucapkan selama datang dan bergabung di lingkungan birokrasi Indonesia sebagai Aparatur Sipil Negara jalur PNS.

Karena anda sedang mencari contoh laporan aktualisasi CPNS, artinya bapak/ibu sudah berada di penghujung Latsar dan sudah 80% CPNS seutuhnya. Laporan Aktualisasi CPNS tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnnya, dimana laporan disusun berbentuk majalah kreatif dan tidak berbentuk laporan formal.

Tidak perlu berpanjang lebar, berikut ini contoh laporan Aktualisasi yang saya buat dengan judul BIT Pro-AKSI atau Pembuatan Website Program Studi Pendidika Fisika. Akronim dalam laporan bersifat wajib sebagai judul agar menarik dan lebih kreatif, soalnya ASN jaman now itu memang dituntut keatif dalam melaksanakan tugas namun tetap berpegang teguh pada peraturan yang berlaku.

Download Laporan Kreativ Aktualisasi CPNS

Oh iya, Laporan ini saya buat menggunakan Software Powerpoint, buat kalian yang ingin meminta Templetnya silahkan hubungi saya. Saya bagikan secara gratis kok, hitung-hitung sebagai implementasi nilai-nilai ANEKA yani rela berkorban.

Tips Membuat Rancangan Aktualisasi CPNS

  1. Aktualisasi CPNS dilaksanakan dalam kurung waktu 4 sampai 5 minggu selama masa habituasi setelah program internalisasi CPNS selama kurang lebih 3 pekan, jadi buatlah kegiatan sederhana yang bisa dilaksanakan paling lama 4 minggu agar waktu cadangan jika saja selama masa aktualisasi terdapat pekan padat di instansi masing-masing atau malah bertetapan dengan libur nasional.
  2. Aktualisasi yang dilakukan harus menginternalisasi nilai-nilai ANEKA yang tidak lain adalah akronim dari Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi.
  3. Program disusun dengan memperhatikan peran dan kedudukan ASN yakni Pelayan Publik, Whole of Goverment, dan Manajemen Mutu.
  4. Program yang diajukan boleh sederhana selama mencakup paling sedikit 4 kegiatan dan setiap kegiatan disusun paling sedikit 3 tahapan.
  5. Dokumentasi nyata selama kegiatan, karena selain isi kegiatan, anda juga akan diminta untuk menyertakan bukti dari setiap tahapan yang dilaksanakan baik dalam bentuk cuplikan percakapan, nota kesepahaman, catatan rapat, dokument resmi, surat keputusan, foto-foto, sampai dokumentasi video.
  6. Pada bagian akhir anda akan diminta membuat Video berdurasi 5 sampai 10 menit yang berisi ringkasan kegiatan yang bapak/ibu lakukan mulai dari awal kegiatan sampai kegiatan tersebut selesai dilaksanakan.

Contoh-contoh judul Laporan Aktualisasi

  1. Pembuatan Website
  2. Pembuatan SOP penerimaan tamu dalam masa pandemik
  3. Pembuatan poster informasi kesehatan/petunjuk/ajakan/
  4. Pembuatan event yang berkaitan dengan instansi seperti penyuluhan, pelatihan, pengajaran dan sejenisnya.
  5. Pembuatan sistem informasi papan kotak saran, dll

Tinggalkan Balasan