Hujan Asam – Penyebab dan Dampaknya

1 min read

Hujan asam dan penyebabnya

AhmadDahlan.NET – Bahan bakar minya (BBM) merupakan bahan kimia yang teridiri dari banyak senyawa rantai carbon dan seidikit kandungan belerang (S). Ketika proses pembakaran terjadi di dalam mesin, oksigen tidak hanya berekasi dengan Carbon membentuk CO2, tapi juga berikatan dengan Sulfur mebentuk SO2, polutan yang bersifat asam.

Penyebab utama dari Hujan asam adalah pembakaaran batu bara yang banyak digunakan sebagai bahan bakar di PLTU. Penggunaan batu bara sebagai bahan bakar PLTU ini telah dilakukan pembatasan pada tahun 1970 meskipun tidak bisa dihentikan sama sekali, tapi penggunaan bahan bakar alternatif terus diupayakan seperti bahan bakar Batu Bara rendah Sulfur. Batu bara dengan asam tinggi memang dijual dengan harga yang lebih murah hal ini membuat banyak pengusaha sulit untuk menggantikan batu bara sebagai bahan bakar mereka.

Selain bahan bakar, Sulfur juga secara alami diemisikan oleh alam melalui gunung berapi dan juga mata air panas seperti geiser. Hujan asam juga bisa disebabkan oleh bahan kimia seperti Nitrogen yang berikata dengan oksigen membentuk NO2. Baik NO2 dan SO2, keduanya sama-sama bersifat asam.

NO2 dan SO2 yang menguap akan berkerasi dengan upa air yang ada di atmosfer. Dengan bantuan cahaya matahari, dua zat tersebut membentuk senyawa Asam Silfat (H2SO4) dan Asam Nitrat (HNO3). Zat asam ini kemudian tersupensi dengan air hujan yang jatuh ke bumi. Tingkat ke asaman bervariasi dan bisa sama asamnya dengan jus jeruk. Hujan yang mengandung asam ini selanjutnya disebut sebagai Hujan asam.

Dampak Hujan Asam

Tanah sebenarnya memiliki kemampuan untuk meneteralkan sejumlah kecil zat asam, namun ada batas ambang jenuh tanah dalam menetralkan asam. Jumlah asam yang berlebih akan membawa banyak dampak bagi kehidupan manusia. Adpaun dampak yang ditimbulkan :

  1. Mengurangi Kesuburan Tanah
  2. Bersifat korosif terhadap metal
  3. Bisa saja mematikan untuk organisme kecil yang jangka panjangnya bisa merusak ekosistem.
  4. Pada kadar tinggi bisa saja menggangu sistem pernafasan dan kesehatan kulit manusia.

Pencegahan Hujan Asam

Hujan asam alami sangat sulit dicegah namun manusia bisa mencegah dampak hujan asam akibat dari aktifitas produksi dari manusia itu sendiri. Adapun langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan oleh manusia untuk mengurangi kadar hujan asam adalah

  1. Mengurangi penggunaan bahan bakar batu bara
  2. Menggunakan bahan bakar minyak kadar oktane tinggi.
  3. Penggunaan Flue Gas Desulfurization pada pabrik dan industri besar.

Menjawab Pertanyaan Nyeleneh Dari Pengikut Flat Earth dan Mengungkap Propaganda…

Bumi Itu Memang Datar Sehingga Bangunan, Rumah, Mobil dan Beberapa Kendaraan Bisa Berjalan di Atasnya tanpa Perlu Terpeleset, Sampai Akhirnya Erathostenes sadar bahwa Bayangan...
Ahmad Dahlan
5 min read

Tinggalkan Balasan