
Algoritma dan Pemrograman adalah mata kuliah Wajib Program Studi Pendidikan Fisika yang bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu untuk (1) untuk menganalisis konsep dasar Algoritma Pemrograman Komputer dan penerapannya dalam kasus-kasus fisika, (2) menganalisis suatu program computer dari asspek input, output dan prosesnya, dan (3) mengembangkan algoritma dan program komputer dengan konsep Bahasa pemrograman computer untuk memecahkan masalah pada fenomena fisika.
Mata kuliah Algortima dan Pemrograman dilaksanakan dengan pendekatan Blended Learning secara synchronous dan asynchronous dengan metode pembalajaran Case Method paruh awal perkuliahan dan Project Based Learning pada bagian akhir perkuliahan. Mata kuliah Algortima dan Pemrograman tidak terikat pada bahasa pemrograman tertentu namun sangat disarankan untuk menggunakan bahasa pemrograman yang popular seperti Phyton, C, JavaScript maupun PHP.
CPMK Algoritma dan Pemrograman
- menganalisis konsep dasar Algoritma Pemrograman Komputer dan penerapannya dalam kasus-kasus fisika,
- menganalisis suatu program computer dari asspek input, output dan prosesnya
- mengembangkan algoritma dan program komputer dengan konsep Bahasa pemrograman computer untuk memecahkan masalah pada fenomena fisika.
Sub CPMK Algoritma dan Pemrograman
- Mengembangkan penyajian algoritma dengan berbagai model seperti Pseudocode dan Flowchart
- Menganalisis tipe-tipe data dalam bahasa pemrograman
- Menganalisis proses deklarasi variabel dan identitas dalam pemrograman
- Menganalisis jenis dan fungsi operator
- Menganalisis alur algortima percabangan
- Menganalisis alur algortima perulangan (looping)
- Mengembangkan alur analisis data model larik (array)
Materi Pembelajaran
Pertemuan I
Pertemuan II
Pertemuan III
- Level Bahasa Program
- Perbandingan Bahasa Pemgoraman : C, Phyton, dan Java
Pertemuan IV
- Jenis dan Tipe Data dalam Pemrograman
Pertemuan V
- Operator : Aritmatika, Relational dan Logika
Pertemuan VI
- Struktur Kontrol – Squence, Conditional dan Looping
Pertemuan VII
- Analisis Kasus Conditional
Pertemuan VIII – MID TEST
Pertemuan IX
- Struktur Kontrol Perulangan – For to Do
- Struktur Kontrol Perulangan – Down fo to
Pertemuan X
- Struktur Data Array
- Ploting Grafik dan Library
Pertemuan XI
- Pengusulan Proyek Pembuatan Program
Pertemuan XII
- Pemantauan Kemajuan Proyek Bag I
Pertemuan XIII
- Pemantauan Kemajuan Proyek Bag II
Pertemuan XIV
- Pemantauan Kemajuan Proyek Bag III
Pertemuan XV
- Simulasi penggunaan Produk
Pertemuan XVI
- Pemaparan Produk Hasil Proyek
Materi
#6. Fungsi Operator
#7. Algoritma Percabangan
#8. Algoritma Percabangan
#9. Algoritma Perulangan
#10. Struktur Data Array
Analisis Kasus dan Pemecahan Masalah
#1. Mencari Ketinggian Gedung
#2. Jarak Tembak Merima
#3. Volume Bak Penampung Air
#4. Vektor 3 Dimensi