Ahmad Dahlan God does not play dice with the Cosmos.

Pengantar Logika Algoritma dan Pemrograman

1 min read

Memahami Algoritma dan Pemrograman

AhmadDahlan.NET – Algortima dan Pemograman merupakan prinsip dan konsep dasar dalam membuat program. Sekumpulan program yang disusun dengan fungsi yang terintegrasi selanjutnya disebut aplikasi. Mulai dari kalkulator sederhana hingga aplikasi Matlab bahkan iklan yang tayang dan preferensi video selanjutnya merupakan produk dari Algoritma dan Pemrograman.

Materi ini bukanlah materi tehnis yang membahas tentang isi dari Logika dan Algoritma itu sendiri namun hanya terbatas pada pamahaman tentang prinsip kerja dan konsep yang diterapkan pada Pemograman dan Komputerisasi.

A. Pengertian Logika dan Pemrograman

Logika dapat diartikan sebagai sebuah metode dengan pendekatan rasionalisme yang digunakan untuk menarik kesimpulan berdasarkan pertanyaan dan premis ada. Kesimpulan dihasilkan dianggap benar selama tidak melanggar pernyataan dan premis yang sudah ada.

Misalnya :

  1. Budi adalah anak yang pandai
  2. Semua anak pandai pasti belajar

Berdasarkan defenisi ini dapat ditarik kesimpulan bahwa :

  1. Budi pasti anak yang pernah belajar.

Kesimpulan tersebut merupakan produk dari logika yang dapat disusun dalam

  1. X maka Y
  2. Y maka Z

sehingga sekimpulannya adalah

  1. X maka Y

Pemograman dapat diartikan sebagai sebuah upaya menyusun sebuah penyelesaian untuk memecahkan sebuah masalah dengan keterbatasan perangkat yang ada. Kata terbatas ini menunjukkan bahwa semua masalah pasti ada jalan keluarnya hanya saja terkadang kita dibatasi dengan sumber daya yang tidak memadai.

Contoh Kasus

Budi memiliki ember dengan kapasitas 3 dan 5 liter. Buatlah sebuah solusi agar budi mampu mendapatkan air sebanyak 4 liter?

1. Operator Logika

Operator Logika digunakan untuk membandingkan dua kondisi dalam kondisi bolean yang nilainya dinyatakan dalam dua kondisi yang True (I) atau False (0). Terdapat tiga macam operator logika dasar yakni :

  1. And (&)
  2. or (|)
  3. not (~)

a. Operator And (&).

Operator And adalah operator yang menunjukkan nilai kebenaran jika kedua syarat terpenuhi. Jika salah satu syarat tidak terpenuhi maka nilainya akan menjadi salah. Kombinasi kemungkinan masalah dan solusi dan operator And sebagai berikut :

xyKesimpulan
TrueTrueTrue
TrueFlaseFalse
FalseTrueFalse
FalseFalseFalse

b. Operator Or (|)

Operator or adalah operator yang digunakan untuk menunjukkan kebenaran suatu nilai jika salah satu atau kedua dari syarat yang diajukan sudah terpenuhi. Kombinasi kemungkinan masalah dan solusinya operator ini ditunjukkan pada table di bawah :

xyKesimpulan
TrueTrueTrue
TrueFlaseTrue
FalseTrueTrue
FalseFalseFalse

c. Operator not (~)

Operator not adalah adalah lawan dari nilai yang ingin ditunjukkan. Operator ini kadang digunakan untuk menunjukkan negasi dari sebuah pernyataan.

ValueKesimpulan
TrueFalse
FalseTrue

Contoh Kasus

Tarikan kesimpulan dari kasus yang ada di bawah ini!

Kasus I

  1. Saya akan pergi ke pasar jika hari ini tidak hujan dan saya punya uang.
  2. Hari ini saya mendapatkan uang dari bapak tapi di luar sedang hujan.

Kasus II

  1. Saya tidak akan ke pasar jika hari ini hujan atau tidak punya uang.
  2. Hari ini sedang cerah namun saya tidak punya uang.

Ahmad Dahlan God does not play dice with the Cosmos.

Desain User Interface dan User Experience

Desain User Interface dan User Experience adalah kompetensi gabungan antara teknis dan seni dalam meramu tampilan antar muka aplikasi dan website. Desain ini menjadi...
Ahmad Dahlan
5 min read

Tinggalkan Balasan