Ahmad Dahlan God does not play dice with the Cosmos.

Perbedaan antara Bentuk dan Wujud Benda

1 min read

Es dalam gelas perbedaan wujud dan bentuk zat

AhmadDahlan.NET – Benda atau zat adalah entitas yang memiliki massa dan memenuhi ruang. Memenuhi ruang ini analog dengan volume yang meurujuk pada bentuk dan wujud. Lantas pada perbedaan antara Bentuk dan Wujud Benda?

Yuk mari kita bahas perbedaan antara kedua sifat dari materi.

1. Bentuk Benda

Bentuk dalam bahasa inggris disebut sebagai shape. Bentuk merujuk pada pertemuan titik antar ruang dari sebuah benda. Sifatnya merujuk pada aspek geometri dari sebuah benda. Dalam Matematika biasanya disebut sebagai bangun.

Bangun dari sebuah benda itu sendiri terdiri dari dua bagian yakni Bangun Datar dan Bangun Ruang. Contoh dari bentuk di bawah ini

  1. Bangun Datar
    1. Segi empat
    2. Persegi
    3. Segitiga
    4. Oval
    5. Bulat
  2. Bangun Ruang
    1. Kubus
    2. balok
    3. prisma
    4. Limas
    5. kerucut
    6. bola

Analisis mengenai bentuk benda lebih keara geometri dari sebuah benda, misalnya sudat antar dua sisi, luas permukaan benda, volume, jarak antar sisi dan sejenisnya.

Spherical dan Bentuk Geometri dan Bola

2. Wujud Benda

Wujud benda juga terkadang disebut sebagai fase benda. Secara sederhana, Wujud benda terbagi ke dalam tiga fase yakni Padat, Cair dan Gas. Tidak peduli bagaimana bentuknya, fase benda dipengaruhi karakteristik fisis materi terhadap suhu, tekanan dan ikatan kimia benda.

Selain dari tiga fase benda ada wujud benda lain seperti Ion, Plasma, Aerosol, Sol dan sejenisnya. Wujud benda lebih dibahas dari sisi karakteristik fisis dari benda tersebut dibandingkan sisi geomterinya.

Contoh Perbedaan Wujud dan Bentuk Zat

Perhatikan bentuk senyawa H2O di bawah ini!

Es Batu dan Wujud zat

Perhatikan pada bagian Ice Cube-nya. Bentuk dari Ice Cube tersebut adalah kotak sedangkan wujudnya adalah padat. Ice Cube itu sendiri adalah senyawa H2O atau lebih dikenal dengan sebuat air. Air itu sendiri bukanlah wujud zat.

Terkadang kita asosiasikan air sebagai sebagai fase cair karena kebanyakan air dalam wujud cair.

Kesimpulan

Kesimpulan dari materi ini adalah wujud benda lebih cenderung ke karakteristis fisi dari sebuah benda sedangkan bentuk benda merupakan karakteristis geometris dari benda.

  1. Wujud – Karakteristik Fisis
  2. Bentuk – Karakteristik Geometri
Ahmad Dahlan God does not play dice with the Cosmos.

Cara Menentukan Arah Utara Sejati Dengan Bayangan Matahari

Arah Utara Sejati adalah arah utara geografis. Arah ini berbeda dengan arah kompas dimana arah utara kompas tidaklah tetap sepanjang masa. Perubahan arah utara...
Ahmad Dahlan
2 min read

Ringkasan Materi Kalor

Ahmad Dahlan
2 min read

Tinggalkan Balasan