Perbedaan Antara Multimedia dan Hypermedia

1 min read

Perbedaan Pengertian antara Mulitmedia dan Hypermedia

AhmadDahlan.NET – Hypermedia dan Multimedia adalah dua hal akan dibahas secara bersamaan dan sulit untuk dipisahkan. Kendati demikian dua hal tersebut adalah dua hal yang berbeda dari sisi konsep kedua hal ini benar-benar berbeda. Sebelum kita membandingkan dua hal tersebut, mari kita kembali ke defenisi awal dari Multimedia dan Hypermedia.

Multimedia

Berdasarkan asal katanya Multimedia diartikan sebagai media yang terdiri dari satu jenis media semata. Jenis media didefenisikan pada awal-awal perkembangan media harus berdiri sendiri seperti tesk, gambar, video, audia dan sejenisnya. Sederha-nya, Multimedia adalah media yang terdiri dari dua atau lebih media seperti gabungan teks-gambar, gambar-audio, Video-teks-grafik dan sejenisnya.

Defenisi multimedia pada dewasa ini sudah sangat jarang direferesikan pada pengertian multimedia sederhana karena hampir semua media secara digital sudah disajikan dalam bentuk multimedia.

Hypermedia

Hypermedia adalah kerangka pikir atau konsep yang digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih media yang berisi konten baik media tunggal maupun multimedia. Kata Hyper dalam hypermedia menunjukkan proses perpindahan antar media yang tidak linier (Hyper) yang artinya sistem navigasi didesain agar pengguna bisa mengakses konten-konten yang disajikan secara acak sesuai denga kebutuhan dari pengguna (user).

Dengan demikian, Hypermedia harus disusun dengan layanan Hypertext yang akan menjadi layanan interkatif bagi user untuk mengakses konten-konten secara bergantian. Dalam penggunana perangkat digital, Hypertext disajikan dengan fitur Hypertext Markup Language atau HTML.

Perbedaan Mulitmedia dan Hypermedia

Dengan demikian bisa disimpulkan jika Multimedia lebih kepada konten media jamak yang disajikan dalam satu layar pada saat diakses oleh user sedangkan Hypermedia adalah tehnis yang digunakan untuk menautkan antar konten-konten dalam sebuah media (Multimedia)

Analoginya seperti sebuah website akan menyajikan laman-laman yang berisi konten multimedia sedangkan proses mengakses laman-laman ini disusun dengan konsep Hypermedia dengan menggunakan kode-kode Hypertext Markup Language dengan tag HTML Hyperlink.

Peta Konsep dari Hypermedia

Garis Putus-Putus pad gambar di atas adalah Konsep menyusun Hyper Media untuk menyajikan konten seperti Gaya, HK. Newton dan sejenisnya sebagai Multimedia / media.