Propagasi Gelombang Elektromagnet Dalam Ruang Hampa dan Medium Berpatikel

57 sec read

Propgaasi Gelombang Elektromagnetics

AhmadDahlan.NET – Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang bisa berjalan pada ruang hampa di luar angkasa. Berbeda dengan gelombang elektromagnetik, gelombang mekanik membutuhkan material sebagai medium propagasi. Material ini menjadi media transfer energi dari sumber ke lokasi lain. Contoh dari gelombang mekanik adalah gelombang suara dan gelombang elektromagnetik adalah gelombang cahaya.

Gelombang elektromagnetik dihasilkan dari getaran dari muatan elektrik. Getaran ini menghasilkan dua produk yakni komponen listrik dan magnetik. Gelombang elektronik dapat berpropagasi di runag vakum dengan kecepatan 3.00 x 108 m/s, kecepatan yang secara umum disimbolkan dengan c atau disebut kecepatan cahaya.

Pada ruang yang memiliki medium, kecepatan gelombang elektromagnetik masih mendekati kecepatan cahaya namun kurang dari 3.00 x 108 m/s. Hal ini dapat dilihat dari animasi di bawah ini :

Propgaasi gelombang Elektromagentik di ruang hampa dan ruang bermedium

Energi mekanik berpindah yang berpindah di dalam sebuah medium akan seslalu di serap kemudian di emisikan oleh atom-atom yang ada pada medium tersebut. Ketika gelombang elektromagnetik masuk dalam ruang yang memiliki medium, maka energi akan diserap oleh material yang ada dalam medium.

Penyerapakan ini menyebabkan elektron pada atom-atom yang ada di dalam medium begetar. Setelah begertar dalam periode yang singkat, getaran elektorn ini selanjutnya menghasilkan gelombang elektromagnetik yang baru dengan frekuensi yang sama dengan gelombang yang datang. Terdapat selang waktu delaiyang singkat antara proses penyerapan dan proses emisi dari gelombang elektromagnetik pada medium. Sehingga Gelombang yang diteruskan adalah gelombang baru yang di re-emisikan oleh atom.

Delai dalam proses emisi ini juga akan memotong waktu perpindahan dari gelombang elektromagnetik, jika GEM bergerak dengan kecepatan c (3.00 x 108 m/s) maka kecepatan pada medium akan lebih kecil dari c. Besar kecepatan GEM ini bergantung dari kerapatan dan jenis dari medium itu sendiri.

Soal MID Test Fisika Komputasi

Petunjuk Pengerjaan Soal! Kerjakan soal berikut menggunakan Aplikasi MATLAB File yang dikerjakan untuk setiap soal terdiri dari (1) file script matlab dan (2) screenshoot...
Ahmad Dahlan
33 sec read

Tinggalkan Balasan