Daftar Isi
A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Eduprener Bisnis Digital mengkaji mengenai perkembangan bisnis digital khususnya dalam bidang pendidikan fisika. Perkembangan terkait dengan kebutuhan jasa, perkembangan teknologi baru, model bisnis baru sampai pengembangan produk digital.
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dan praktik tentang kemampuan menangkap peluang perkembangan bisnis dalam bentuk digital dimana mahasiswa mampu mengembangkan ide, prototipe dan model bisnis digital yang dapat dijalankan.
Metode yang digunakan mata kuliah ini menggunakan pendekatan ceramah, diskusi dan project based learning.
B. Capaian Pembelajaran
- Mahasiswi mampu menganalisis perbedaan bisnis kontemporer dan digital dalam bidang pendidikan.
- Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pemahaman mengenai pengembangan konsep bisnis digital.
- Mahasiswi mampu mengembangkan model atau prototipe bisnis digital yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini
- Mahasiswa mampu mengembangkan rencana bisnis digital dalam bidang pendidikan terkait dengan desain produk, operational, marketing, HR dan Keuangan.
- Mahasiswa mampu menyajikan presentasi singkat dan mendemonstrasikan produk dari bisnis digital yang mereka kembangkan.
C. Kegiatan Belajar
Pertemuan | Kegiatan |
1 | Bisnis Digital dalam Bidang Pendidikan 1. Perkembangan Ekonomi dan Bisnis Digital di Indonesia dan Global 2. Peluang dan Tantangan Era digital Metode Ceramah dan Diskusi Referensi : E-conomy SEA 2019 |
2 | Pengantar Bisnis dan Ekonomi Digital 1. Transformasi bisnis konvensional ke bisnis digital 2. Inovasi Digital dan Dampaknya dalam Bidang Pendidikan 3. Strat Up dan Konvensional Bisnis 4. Funding Case Studi : Bimbingan Belajar 1. JILC, GO, dkk 2. Quipper 3. Ruang Guru Tugas : Membuat rangkuman kegagalan startup serta penyebabnya |
3 | Industri 4.0 1. Pengaruh Teknologi dalam Mengubah Dunia Pendidikan dan Bisnis 2. Engineering Industry 4.0 Studi Kasus: 1. Aplikasi dan Layanan Bisnis Digital dalam Bidang Pendidikan Tugas : Menyajikan hasil studi kasus dari Aplikasi dan Layanan Bisnis Digital Falmboyan di Indonesia |
4 | Revolusi Bisnis Digital 1. Konsep Bisnis Digital 2. Hidup-Mati Bisnis dalam Pendidikan 3. Big Data dan Konvensional Data Studi Kasus : Quiper vs Ruang Guru vs Genius |
5 | Digital Edupreneurship 1. Digital Freelancer 2. Content Creator 3. Digital Entrepreneurship 4. Social vs Profit 5. Hustler, hipster, & Hacker 6. Innovation DNA Studi Kasus : Metode Diskusi dan Ceramah |
6 | Business Digital Strategy • What is digital business strategy • Strategy analysiss • Strategy Objectives |
7 | |
8 | Pengembangan ide dan Design Thinking: • Design thinking • Generating idea Assignment: Penentuan ide bisnis dan permasalahan yang ingin diselesaikan |
9 | Business Model: • Business Canvas Model Assignment: membuat BMC dari ide yang sudah ditentukan pada pertemuan sebelumnya Assignment: membuat BMC dari ide yang sudah ditentukan pada pertemuan sebelumnya |
10 | Penyusunan Proposal Bisnis (1) • Designing Operational • Marketing Aspect: 4P’s or 6P’s, Segmenting • Positioning, and Targeting (STP), Promotion • Personnel & HR Assignment: membuat proposal bisnis |
11 | Pengembangan Produk dan Prototipe : Pemaparan Awal Produk |
12 | Pengembangan Produk dan Prototipe : Laporan Kemajuan I |
13 | Pengembangan Produk dan Prototipe : Laporan Kemajuan II |
14 | Pengembangan Produk dan Prototipe : Uji Coba Terbatas Produk |
15 | Pengembangan Produk dan Prototipe : Uji Coba Terbatas Produk |
16 | Pitching |