Tipe Data dan Variable Dalam Matlab

1 min read

Pengertian Variable dan Tipe Data pada Matlab

AhmadDahlan.NET – Dalam membuat pemodelan dan menganalisis data dengan bantuan Software Matlab, data dan variable adalah hal yang sangat penting untuk dipahami.

A. Tipe Data

Matlab adalah Software pemograman yang mengenal dua jenis data. Data tersebut adalah :

  1. Numerik
  2. String

Keuntungan dibandingkan bahasa Program lain seperti C, C#, C++ dan turunannya, Pemograman di Matlab tidak membutuhkan deklrasi data yang eksplisit karena Software ini sudah mampu mengenali tipe data yang dimasukkan sebagai input. Selain itu Matlab juga bisa menganalisis tipe data secara dinamis pada waktu yang sama tanpa ada kesalahan atau eror.

Hanya saja ada beberapa aturan penulisan Sintaks dalam Matlab yang harus diingat, yakni :

  1. Matlab adalah program Sensitive Case dimana huruf besar dan huruf kecil akan dikenal dengan jenis data yang berbeda.
  2. Nama Variable paling panjang adalah 21 Karakter
  3. Penamaan Variable harus dimulai dengan huruf, bukan angka, simbol dan sejenisnya.

Contoh Pembuatan Variable dalam Matlab

>> A = 9.800
A =
    9.800
>> a = 12000
a = 
  12000
>> A1 = 'gravitasi'
A1 = 
   gravitasi

Terdapat 15 jenis tipe data dasar yang dikenal oleh Matlab dna semua data dalam Matlab yang disebuat sebagai Class. Matlab mendefenisikan data dalam bentuk Array, sekalipun data yang diinput hanya satu dimensi , maka matblab akan mendefenisikan sebagai Array 1 x 1.

Array paling sedikit yang dikenal dalam Matlab adalah ordo 0 x 0 kemudian dapat ditambahkan dengan array n dimensi. Dalam bentuk tertentu Array dua dimensi kemudian disebut sebagai matriks.

B. Variable

Nama varibale yang dibuat dalam Matlab harus dimulai dengan huruf tidak dengan angka, simbol dengan sejenisnya. Karena Matlab adalah program yang bersifat Sensitive Case, maka varibale gravItasi akan berbeda dengan gravitasi.

Panjang dari nama Varibale dalam Matlab sebenarnya tidak dibatasi namun hanya Jumlah Varible N yang memiliki makna sedangkan setelah N tidak akan diidentifikasi oleh Matlab. Misalkan jumlah N dari Matlab yang 2008 hanya mengenal 31 Charakter maka perbedaan huruf ke 32 tidak akan membuat dua varibale tersebut berbeda.

Untuk menenmukan jumlah N pada Matlab yang kalian gunakan dapat dilakukan dengan perintah :

>> namelengthmax
ans =
   63

Angka 63 ini memberikan informasi mengenai batasan dari karakter yang dikenali sebagai variable dalam Matlab.

Matlab memiliki beberapa Variabel yang sudah disematkan di dalamnya. Variabel ini bersifat umum sudah disepakati secara luas dan disebut sebagai Built in Variable dalam Matlab.

ansnama default untuk jawaban dari hasil operasi
epsAngka terkecil dari 1 + eps > 1
InfInfinity
piπ
i or jsqrt -1
NaNTidak terdefenisi

Misalkan kita membuat perintah seperti di bawah ini :

>> 3/0
ans 
   Inf

Jawaban dari 3/0 adalah tidak terhingga

atau

>> 0/0
ans
   NaN
>> NaN == NaN
ans 
   0

Pada saat sebuah variable diketikkan dan menenuhi standar sintak dari Matlab, maka Variable tersebut akan tersimpan di Workspace secara otomatis dan akan terus tersimpan sampai akhirnya kita membersihkan workspase tersebut.

Misalkan kita mengetik perintah :

>> D = 2
ans 
   2
>> d = 3
ans 
   3

Jika kita tidak membersihkan Workspace maka Matlab akan mengingat Variable ini. Sehingga ketika kita menuliskan perintah :

>> s = D*d
ans 
   6

Secara otomatis Matlab akan memanggi Isi dari Variable D dan d lalu mengoperasikan sesuai dengan perintah yang diberikan.