Pengertian dan Peran NavBar pada Website

1 min read

Navigattion Bar pada Website

Ahmaddahlan.NET – Navigasi pada website adalah menu yang berisi link terstruktur dan berfungsi mengarahkan user ke laman lain dari laman yang sedang ditampilkan. Sebagaiman yang telah disepakati sebelumnya jika website adalah sekumpulan laman yang dapat diakses oleh user, maka Navigasi berfungsi membantu user untuk menemukan laman-laman yang mereka ingin akses.

Ada beberapa macam bentuk navigasi yang saat ini bisa ditemui di laman website, seperti link tautan website sebelumnya. Hanya saja Link tautan webiste bersifat khusus merujuk pada satu artikel tertentu, terkadang user membutuhkan navigasi yang lebih bersifat umum sehingga bisa memilih informasi yang ingin diakses.

Sistem Navigasi Bar

Navigasi Bar atau NavBar adalah nama yang disematkan untuk mendefenisikan sistem navigasi yang dikumpulkkan pada satu bagian pada tampilan website. Bentuknya yang pada umumnya berbentuk panjang dengan title membuta website designer menyebutnya sebagai bar (balok).

NavBar pada umumnya berisi menu yang berisi kelompok informasi umum yang sejenis yang digroup menggunakan mekanisme label, category ataupun tag. Informasi tersebut kemudian menampilkan kumpulan (list) informasi dan laman khusus dari website tersebut.

Bentuk dan sistem Navigasi Bar pada website

Gambar di atas adalah bentuk Navigasi bar dari website program studi Pascasarjana Fisika Universitas Negeri Makassar. Navbar tersebut disusun sesuai dengan standar borang penilaian Akreditasi Program Studi BAN PT. NavBar berisi informasi yang memudahkan proses akreditasi dimana setiap standar dijadikan menu yang memudahkan sistem pengaksesan informasi secara online tanpa harus mengecek dokumen secara manual.

Tidak ada aturan khusus tentang tatak letak dari Navigasi Bar di sebuah website, namun berdasarkan skor User Experience, letak navigasi bar yang paling baik adalah Top Navigasi, Bottom Navigasi, Footer dan Sidebar Navigasi.

Desaian tata Letak Website sederhana

a. Top NavBar

Sesuai dengan namanya Top NavBar berada pada bagian atas dan biasanya ditemukan di bawah header. Hampir tidak ada webiste yang tidak mengaplikasi sistem TOP Navbar karena posisi ini menjadi posisi paling nyaman meletakkan menu dan kumpulan kategori di website kita.

Top Nav Bar ini berisi menu-menu yang kaitanya sangat erat dengan hubungan Niche dan tema Website secara umum. Tujuannya untuk meningkatkan Bounce Rate dari situs. Bounce Rate itu sendiri adalah kecenderungan pengunjung untuk mengunjungi laman / artikel lain dalam website ini.

MEnu Top Bar Nav pada Webiste

b. Footer atau Bottom NavBar

Footer atau Bottom NavBar adalah menu navigasi yang diletakan di bagian bawah dari website, letaknya posisi paling bawah dimana pengunjung bisa membaca setelah artikel terbaca habis. Letaknya juga sebagai penanda dari ujung website, namun terkadang menu ini sulit ditemukan pada sisi Home Page karena sistem loading otomatis artikel akan menggeser menu ini.

Menu yang paling umum ditemukan pada bagian NavBar ini lebih merujuk pada identitas situs. Identitas situs tersebut seperti About Site, Privacy Policy, Disclaimer, Contact Us, dan sejenisnya. Informasi ini lebih memduahkan proses klarifikasi dan mempertimbangkan validasi dari informasi jika benar-benar dianggap penting atau dibutuhkan sebagai rujukan.

Footer dan menu layanan dari Website

c. SideBar

Sidebar adalah posisi menu atau kotak yang berada di sisi kiri dan kana dari website. Posisi ini dibuat tepat disamping Body Post yang menjadi salah satu posisi yang paling banyak diamati oleh user selama berada di dalam website.

Posisi yang sangat baik di mata user ini membuat banyak pengembang website memanfaatkan posisi ini menamptkan hal-hal yang sangat ingin developer tunjukkan ke user. Informasi tersebut biasanya artikel unggulan, populer post dan terkadang disisipkan iklan yang nilainya jauh lebih komersial dilettakan di posisi sidebar dibanidngkan di posisi lain.

Sidebar tampilan Website ahmaddahlan

Tinggalkan Balasan