Praktikum Pembuatan Program Gerak Lurus Berubah Beraturan digunakan untuk menghitung otomatis terkait jarak tempuh dan kecepatan benda pada saat t. Prakitkum ini disusun dalam bahasa C.
Daftar Isi
Praktikum Program GLBB
A. Tujuan Praktikum
- Membuat program menghitung jarak tempuh GLBB pada selang waktu (t) tertentu.
- Membuat program menghitung kecepatan sesaat (vt) GLBB pada selang waktu tertentu.
B. Landasan Teori
a. Persamaan Kecepatan terhadap Waktu
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak yang memiliki perubahan kecepatan konstan setiap selang waktu tertentu. Persamaan gerak ini dapat diturunkan dari Hukum Newton II yakni
a = \frac{1}{m}\Sigma F
percepatan (a) adalah turunan pertama perubahan kecepatan terhadap waktu sehingga persamaan di atas dapat ditulis ulang dalam bentuk:
\frac{dv}{dt} = \frac{1}{m}\Sigma F
persamaan ini kemudian dimanupulasi dengan mengalikan kedua ruas dengan dt sehingga hasilnya
dv=\frac{F}{m}dt
Integralkan kedua sisi
\int_{v_0}^{v_t} dv=\frac{F}{m}\int_{0}^{t}dt
ganti nilai F/m = a, maka hasilnya adalah
v_t-v_0=at
Persamaan ini dapat ditulis membentuk persamaan v terhadap t
v_t=v_0+at
b. Persamaan Jarak terhadap waktu
Misalkan vt) pada persamaan vt=v0+at dirubah menjadi dx/dt.
\frac{dx}{dt}=v_0+at
kedua ruas kemudian dikalikan dengan dt, lalu di integralkan
\int_{s_0}^{s_t} dx=\int_{0}^{t} v_0.dt+\int_{0}^{t}at.dt
hasilnya adalah
s_t-s_0=v_0t+\frac{1}{2}at^2
Persamaan ini kemudian ditulis ulang dalam bentuk
s_t=s_0+v_0t+\frac{1}{2}at^2
C. Sampel Code Program
#include <stdio.h>
int main() {
float a, v0, t, s; // variabel percepatan, kecepatan awal, waktu, dan jarak
printf("Masukkan percepatan (m/s^2): ");
scanf("%f", &a);
printf("Masukkan kecepatan awal (m/s): ");
scanf("%f", &v0);
printf("Masukkan waktu (s): ");
scanf("%f", &t);
s = v0 * t + 0.5 * a * t * t;
printf("Jarak yang ditempuh adalah %.2f meter", s);
return 0;
}