Ahmad Dahlan God does not play dice with the Cosmos.

RPS Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman

1 min read

Algoritma dan Pemograman Coding MAta Kuliah Untuk Fisika

A. Capaian Pembelajaran

  1. S9 – menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. KU1 – mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. KK1 – Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika berbasis aktifitas belajar untuk mengembangkan kemampuan berfikir sesuai dengan karakteristik materi fisika, dan sikap ilmiahsesuai dengan karakteristik siswa pada pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual dan lingkungan sekitar.
  4. P7 – Menguasai matematika, komputasi, dan instrumentasi untuk mendukung pemahaman konsep fisika.

1. CPMK

  1. Mahasiswa membangun algoritma dengan standar dan logika yang efektif
  2. Mahasiswa mampu merancang pemrograman untuk menyelesaikan permasalah sains dalam ruang lingkup fisika
  3. Mahasiswa mampu mengadaptasi konsep algortima dan pemograman melalui bahasa pemograman populer.
  4. Mahasiswa mampu bekerja sama dalam satu tim untuk membangun aplikasi yang terintegrasi dengan penerapan konsep pemrograman, serta mempresentasikan hasil karya rancangan.

B. Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah ini mempelajari tentang menyelesaikan masalah fisika dengan menggunakan konsep Alogoritma dan Pemograman meliputi kajian struktur dasar pemograman, struktur kontrol logika, fungsi, dan analisis data.

C. Materi Kuliah

Kasus Fisika

Catatan:

  1. Mata kuliah Algoritma dan Pemrograman tidak terikat pada bahasa pemrograman tertentu namun untuk pengantar mata kuliah disarankan menggunakan bahasa populer seperti : C, C++, Phyton, PHP, Pascal dan Sejenisnya.
  2. Sebaiknya menghindari menggunakan Matlab dalam mempelajari Algoritma dan pemrograman karena Matlab adalah software yang menyederhana alur pemrograman namun terbatas pada software Matlab itu sendiri.
Ahmad Dahlan God does not play dice with the Cosmos.

Program Menghitung Ketinggan Maksimal Gerak Vertikal Ke Atas dengan Bahasa…

Program menghitung ketinggian maksimal digunakan untuk mengetahui ketinggian benda yang dilempar ke atas dengan kecepatan awal tertentu. Program ini dirancang dengan asumsi hambatan udara...
Ahmad Dahlan
32 sec read

Program Menghitung Ketinggian Gerak Jatuh Bebas dengan Bahasa C dan…

Program menghitung ketinggian gedung atau kedalaman lubang dapat ditaksir dengan menggunakan Gerak Jatuh Bebas. Gerak ini adalah gerak dengan percepatan konstan yang nilainya sama...
Ahmad Dahlan
28 sec read

Tinggalkan Balasan